Santapan Khas Dari Brunei Paling Lezat

Santapan Khas Dari Brunei Paling Lezat

Santapan Khas Dari Brunei – Percayakah kamu jika Brunei Darussalam memiliki beberapa makanan khas yang serupa dengan sajian di nusantara?

Lumrah saja bila Brunei mempunyai keserupaan dalam soal makanan ciri khas. Masalahnya letak negara ini masih ada di Pulau Borneo, persisnya di pantai utara Pulau Kalimantan. Maka kurang lebih makanan ciri khas Indonesia tentu memengaruhi kulineran di Brunei juga.

Santapan khas Brunei yang Paling Lezat dan Harus Dicoba

Ingin tahu dengan beberapa makanan ciri khas Brunei? Memang tidak seluruhnya makanan ciri khas di situ persis sama dengan sajian dari nusantara.

Baca Juga: Salad Khas Negara Asia

Namun, beberapa makanan Brunei yang lezat ini tentu dapat diterima oleh lidah warga Indonesia kok.

Santapan Khas Dari Brunei Ambuyat

Jika awalnya kamu pernah makan papeda dari Maluku atau Papua, kamu tentu dapat melahap ambuyat ciri khas Brunei. Masalahnya ambuyat dan papeda mempunyai keserupaan struktur dan cita-rasa. Ambuyat dibuat dari tepung sagu.

Yang membandingkan ambuyat dan papeda ialah side dish-nya. Bila papeda dihidangkan dengan ikan, ambuyat malah dihidangkan dengan sauce mangga atau sauce cabe. Tetapi, kamu masih dapat menambah lauk yang lain, seperti ikan, udang, atau oseng sayur saat melahap ambuyat ini.

Nasi Katok

Malaysia punyai nasi lemak, Indonesia punyai nasi rames, dan Brunei punyai nasi katok. Ya, nasi katok ini ialah “nasi campur” ciri khas Brunei yang rasanya nendang sekali. Sekali coba nasi katok, ditanggung kamu akan suka.

Nasi katok berisi nasi putih yang dihidangkan dengan lauk ayam goreng dan sambal. Simpel sekali, kan? Tetapi enaknya tanpa tara, lho! Ayam gorengnya juga diberi bumbu dengan rempah-rempah ciri khas Brunei hingga rasanya lebih renyah. Kamu dapat mendapati menu makanan yang paling akrab untuk warga Brunei ini di warung kaki lima sampai restaurant yang berada di negara itu.

Pulut Panggang

Salah satunya makanan ciri khas Brunei yang bernama serupa dengan kue ciri khas Indonesia ialah pulut panggang. Meskipun namanya mempunyai kecocokan, tetapi penampilan dan cita-rasanya beda. Kamu harus coba pulut panggang ini bila kamu lagi ada di Brunei Darussalam.

Pulut panggang dibuat dari beras ketan yang diolah dengan santan dan garam. Selanjutnya, beras ketan ini berisi udang kering atau ikan bumbu. Adonan ketan ini nanti akan dibuntel dengan daun pisang, lalu dibakar di atas baranya api sampai keluarkan wewangian wangi. Pulut panggang ini lebih nikmat dikonsumsi pada kondisi hangat.

Hati Buyah Santapan Khas Dari Brunei

Senang makan dalaman sapi? Brunei punyai makanan ciri khas yang dibuat dari dalaman sapi, lho, namanya ialah hati buyah. Makanan ini dibuat dari paru-paru sapi yang diolah dan diberi bumbu dengan kecap dan kombinasi rempah-rempah yang lain. Hati buyah ini tidak beraroma amis bila pengolahnya mengolahnya semakin lama dengan rempah-rempah yang digunakan.

Hati buyah ada dalam dua variasi rasa, yaitu manis (tidak pedas) dan benar-benar pedas. Jika kamu pencinta makanan pedas, Nglayap menyarankanmu untuk pilih variasi yang pedas supaya rasanya lebih nampol. Di warung kaki lima, hati buyah umumnya telah ditusuk dengan tusuk sate. Makanan ini bisa juga dikonsumsi bersama-sama dengan nasi putih hangat.

Bamboo Chicken

Kunjunganmu ke Brunei belum komplet tanpa coba bamboo chicken. Ini ialah ayam yang diolah dengan rempah-rempah dalam bambu yang panjangnya lebih kurang ½ mtr.. Ayam yang telah dipotongi harus diasinkan lebih dulu, lalu dimasukkan pada dalam bambu bersama rempah-rempah. Seterusnya, bambu akan ditempatkan di atas baranya api sampai ayam didalamnya masak.

Wewangian yang dikeluarkan bamboo chicken ini betul-betul mengunggah hasrat. Apa lagi bila ayamnya telah masak, ada sepiring nasi putih hangat yang ikut dihidangkan untuk nikmati ayam bambu ini. Hmm.. Betul-betul nikmat yang tidak dapat didustakan!

Soto Brunei

Tidak cuma Indonesia yang mempunyai soto sebagai makanan uniknya, Brunei punyai, lho. Soto Brunei ialah sajian berkuah yang paling fresh. Walau kuah sotonya tidak warna kuning pekat seperti soto-soto ciri khas Nusantara, tetapi rasanya fresh dan renyah.

Isian Soto Brunei ini terbagi dalam daging sapi, suwiran ayam, telur rebus, dan semacam bihun atau mie. Tidak susah mendapati soto ini di negara itu. Kamu bisa melahap Soto Brunei yang sedap ini di kedai-kedai makan yang menyebar di pusat perkotaan.

Kuih Bahulu

Kenal dengan performa kue yang ini? Ya, kuih bahulu ialah tipe kue yang bisa juga diketemukan dengan gampang di Indonesia dan Malaysia. Maka lumrah saja bila kamu berasa akrab dengan kue yang ini.

Kuih bahulu dibikin dari tepung gandum, gula, baking powder, telur, dan vanila. Kue yang ini begitu nikmat jika dimakan saat baru masak, saat hangat. Untuk nikmati kuih bahulu ini, seharusnya buat dahulu satu cangkir teh atau kopi sebagai pengiring untuk melahap kue sedap ciri khas Brunei ini.

Santapan Khas Dari Brunei Belutak

Sebagai negara muslim, sudah pasti Brunei banyak menyuguhkan makanan halal, diantaranya ialah belutak. Makanan yang ini bukan dibuat dari daging babi seperti sosis yang umum dipasarkan di Bali. Belutak dibuat dari daging sapi yang diolah dengan tradisionil hingga cita-rasanya benar-benar ciri khas.

Berlainan dengan sosis biasanya, belutak memiliki rasa yang sedikit asam karena kombinasi rempah-rempah yang dipakai. Kamu dapat mengonsumsi belutak ini pada kondisi utuh atau yang telah dipotongi dan diolah bersama plus tambahan bumbu yang lain.

Kelupis

Kudapan manis yang mengunggah hasrat ini sebenarnya bisa juga kamu temui di Malaysia. Tetapi, saat kamu telah bertandang ke Brunei, karena itu kamu dapat melahap kue ini di negara itu. Lalu, apa sich beberapa bahan yang digunakan untuk bikin kelupis?

Kelupis dibuat dari beras ketan yang diolah dengan santan. Selanjutnya, beras ketan yang telah diolah barusan akan dibuntel dengan daun nyirik, lalu dikukus hingga masak. Beberapa pelancong yang tiba ke Brunei benar-benar menyenangi kue ini, lho. Apa lagi bila wisatawannya dari Indonesia, tentu akan senang dengan kue yang memiliki cita-rasa yang ‘ramah’ dengan lidah warga Indonesia.

Mie Goreng Brunei

Mie goreng ialah makanan yang dapat diketemukan nyaris di semua negara di Asia. Namun, tiap negara tentu punyai bumbu dan langkah unik tertentu dalam memproses mie goreng uniknya. Saat kamu bertandang ke Brunei Darussalam, kamu harus mencicip mie goreng yang banyak dipasarkan di kaki lima di negara itu.

Kenapa mie goreng Brunei tawarkan cita-rasa yang unik? Masalahnya mie ini diolah dengan sambal dan sauce tiram yang lumayan banyak. Maka untuk kamu yang menyukai konsumsi makanan pedas, mie goreng ciri khas Brunei ini akan pas dengan seleramu.

Yok, tulis dan cicip 10 makanan ciri khas Brunei ini. Meskipun beberapa macam makanannya memang akrab dengan makanan di Indonesia, tetapi makanan ciri khas Brunei ini tentu tawarkan cita-rasa berlainan yang membuat kamu mendapatkan uji coba kulineran yang baru.